Sunday, April 29, 2012

Keputusan Yang Populer

Nyalain laptop, colok charger laptop, colok charger hape, colok headset, colok modem, colok flashdisk dan colok-colok lainnya dan.... I'm ready :D Siang tadi banyak banget sodara-sodara maen kerumah. Oohh God, untungnya ga begitu bikin repot dan cukup bikin rame, hehe. Yap, sekarang saatnya rileks, santai dan onlen dengan tenang. Besok juga harus ketemu dosen pas makan siang. Kalo denger kata siang, pasti identik dengan panas. Tp sama sekali gak bikin saya gentar. Cukup basa-basinya deh, saya punya tebakan buat kalian ;) jawab aja dalam hati. Kalo mau komen juga gakpapa (ngarep), hehe. jadi gini..

Gerombolan anak kecil lagi main-main di deket dua jalur kereta api. Jalur yang pertama itu jalur aktif (masih sering dilewati KA), sementara jalur kedua udah ga aktif. Cuman satu anak yang main di jalur yang gak aktif, sementara lainnya main-main di jalur KA yang masih aktif. Mendadak ada kereta api muncul dengan
kecepatan tinggi. Kebetulan kamu, kamu, kamu sama kamu ada di depan panel persimpangan yang ngatur arah itu KA. Naaaahh, Apa kamu bakal mindah arah KA itu ke jalur yang udah gak aktif dan nolong sebagian besar anak kecil yang sedang main-main? Hmmm, berarti kamu ngorbanin seorang anak yang main di jalur KA yang gak aktif, Atau kamu bakal biarin itu kereta tetep di jalur yang seharusnya? Saelaaah, bingung kan? ahaha..

Stop dulu baca tulisan ini dan berpikir keputusan apa yang sebaiknya kita ambil? :)








(scroll..)








(scroll..)








(scroll lagi..)








(lagi..)







Sebagian besar orang bakal milih buat mindah arah kereta dan hanya mengorbankan jiwa seorang anak. Kalian mungkin punya pilihan yang sama (Kalo gak sama, silahkan komen di bawah, hehe), karena dengan nolong sebagian besar anak dan cuman keilangan seorang anak itu udah bisa disebut keputusan yang rasional dan dapat disyahkan baik secara moral maupun emosional, ya kan? Namun pernah ga terlintas di pikiran kalian kalo anak yang milih main di jalur KA yang udah gak aktif, berada di pihak yang bener soalnya dia milih main di tempat yang aman? Apesnya, dia malah harus dikorbankan justru gara-gara kecerobohan teman-temannya yang lain.

Dilema kaya gini terjadi di sekitar kita tiap hari. Di kantor, masyarakat, dunia politik dan terutama dalam kehidupan demokrasi. Pihak minoritas harus dikorbankan demi kepentingan mayoritas. Gak peduli betapa bodoh dan cerobohnya pihak mayoritas tersebut. Sama kaya nyawa seorang anak yang milih gak main-main ama teman-temannya di jalur KA yang bahaya itu udah dikesampingkan, dan bahkan mungkin ga bakal menyesalkan kejadian itu.



Kemaren abis cerita ke temen, dia jawabnya juga ga bakal ngubah arah laju kereta, soalnya dia percaya kalo anak-anak yang main di jalur KA yang masih aktif sangat sadar kalo jalur itu masih aktif. So, mereka bakal cepet-cepet lari pas denger suara kereta mendekat, gituuuuuu. Kalo arah laju kereta diubah ke jalur yang gak aktif, anak yang main di jalur itu pasti bakal ketabrak, soalnya dia ga bakal nyangka kalo kereta bakal ngelewatin jalur yang seharusnya udah gak aktif. Trus, bisa-bisa penumpang kereta juga dalam bahaya. Apa kalian tau arah tujuan jalur gak aktif itu bakal bawa kereta itu kemana. Jalur kereta dinonaktifkan sudah pasti ada alasannya.
 
Kita harus sadar bahwa hidup penuh dengan keputusan sulit yang harus dibuat, dan mungkin kita gak akan sadar bahwa sebuah keputusan yang cepat gak selalu jadi keputusan yang benar. Sesuatu yang benar ga selalu populer, dan sesuatu yang populer gak selalu benar. So, buat kalian yang minoritas. Tunjukkan alasan kenapa kalian ada di jalur minoritas, let them know. "Kadang kita harus ngelempar batu ke mobil yang lajunya kenceng, biar itu mobil mau berenti buat dengerin kalian"

No comments:

Post a Comment