Tuesday, March 12, 2013

Kebahagiaan yang Bersyarat




Ini hanyalah sebuah post sederhana. Hmm, sebuah kebahagiaan yang ter-pending.

Bermula di pembicaraan sesama mahasiswa warungan tentang Tugas Akhir. Ada pendapat bahwa TA itu harus wah keren, kalau menurut saya sih sah-sah aja tapi jangan sampe TA yang cuma 6 sks itu dikerjain sampe 4 semester ataupun lebih dari itu, padahal normalnya 1 semester itu bisa ambil 24 sks. Trus ngomong kalo TA itu dilihat sama temen-temen jadi kalau biasa-biasa aja malu ah. Saya adalah korban pendapat seperti itu di masa lampau. Pengalaman saya dulu, hampir 2 tahun cari-cari judul yang sekiranya wah, bikin sesuatu yang gak terlalu canggih tapi unik, yang bener-bener "gue banget" tapi mampu menunjang kebutuhan proses bisnis suatu perusahaan. Hasilnya gak ada, 2 tahun yang sia-sia (cuti). Temen-temen yang dulunya kuliahnya masih banyak, perlahan tapi pasti lulus duluan nyalip saya, hmmm. 

Jadi mending kerjakan aja TA yang menurut kamu kamu mampu selesain itu judul dalam kurun waktu maksimal 1 tahun. Terutama bagi otak yang pas-pasan, seandainya malu-maluin sekalipun yg penting lulus. TA adalah syarat untuk menuju kehidupan yang sesungguhnya. Setelah kamu ngelewatin itu syarat. Kamu bukan lagi sebagai siswa atau mahasiswa, tapi sebagai "mature person". Masa depanmu yang sesungguhnya itu setelahnya TA, bukan di TA nya, jadi gak usah minder kalo judul TA kamu yang tergolong biasa-biasa saja. Saya punya senior yang dulu sidang TA nya adalah saya sebagai moderatornya. TA nya gak wah, biasa-biasa aja, malah dihajar habis-habisan waktu itu. "Intinya TA anda ini gak berguna mas.", kata salah satu dosen pengujinya. Tapi dia berhasil lulus dan merambah dunia kerja. Dulu tiap hari ngampus pake supra butut gak pernah dicuci, sekarang pake Kawasaki Ninja 250 kinclong, hahaha. 

Lulus telat gara-gara ngerjain TA lama itu banyak ruginya diantaranya rugi waktu, rugi biaya kuliah. Kadang ada yg jawab "biarpun belom lulus dah bisa kok hasilin duit". Ya udah ngapain setengah-setengah. Mau nyari duit aja pake keluar kuliah. Ga usah setengah-setengah, segala sesuatu yang dikerjakan setengah-setengah itu hasilnya ya biasa-biasa aja. TA setengah-setengah sama kerja setengah-setengah, hasilnya TAnya ga lulus-lulus, kerja setengah-setengah penghasilannya juga segitu-gitu aja. Kalo emang kerja hasilnya udah gede ya ngapain lagi lo musingin TA (ijasah)!

5 comments:

  1. sip2..
    lanjutkan..
    supaya bisa menginspirasi orang banyak mas...

    ReplyDelete
  2. Sip2, akhirnya lulus.
    Bener rip, TA iku sing penting lulus, sing penting sarjana ;)
    TA adalah tahap dimana kita bener2 sendirian menghadapi dunia perkuliahan dan diri sendiri, bener2 me against myself :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah lulus dengan nilai baik tak :D
      tema ku hampir podo karo kon..

      Delete