Friday, January 30, 2015

Masih Mengeluh?


Hampir tiap hari ujan, terutama sore hari yang gak pernah lolos dari yang namanya ujan. Seperti biasa, keluhan-keluhan orang-orang di seluruh ruangan mulai keluar. Mereka segera cabut setelah jam kerja usai, biar mereka bisa sampai rumah tanpa basah-basahan. Tp dia beda, dia tenang, bawaannya santai, padahal mantel ujan pun gak punya. Pas ditanyain "gak pulang? keburu ujan loh.", dia jawab "so what? klo keujanan ya udah, sampe rumah langsung mandi.". Anjir nih orang enak bener hidupnya, pola pikirnya simple. "Tau gak sih? ujan yg dihindarin banyak orang ini mungkin berkah bagi orang lain.". Iya, gak ada salahnya mikir begitu. Awalnya saya gak begitu gubris jawabannya yang mainstream itu. Tp pas perjalanan pulang, ternyata omongan dia muter-muter di kepala. Otak saya gak ada hentinya ngutak-ngatik statement simple itu.

Sesampainya di rumah, saya duduk di teras ngopi sambil ngerokok, setelah mandi dan ganti baju tentunya. Enak banget ngeliat ujan di depan sambil ngebul-ngebul rokok. Rumah sepi, orang rumah pada pergi, rumah berasa jadi dunia saya sendiri, tapi otak dan pikiran saya udah jauh entah kemana. Bener kata temen-temen saya, rokok emang bisa bikin otak gak bisa berenti bereaksi.

Ujan yang dihindarin orang-orang kantor tadi mungkin emang berkah bagi orang lain. Saya jadi inget banyak temen-temen saya yang ngeluh sama kerjaannya yang kerjaannya monoton, ada juga yang ngeluh karena kerjaannya terlalu berat dan gak diimbangin sama salary nya, ada juga yang ngeluh karena ngeliat temen-temen seperjuangannya lebih mapan dari dia. Mungkin sedikit ironis karena beberapa minggu ini saya sering nongkrong bareng sama temen saya yang baru-baru ini abis di-PHK. Dia orang yang berambisi, dengan status dia yang sekarang unemployed, saya bener-bener kagum sama keteguhan hatinya. Didepan saya, gak pernah sekalipun dia ngeluh didepan saya, gak pernah, sekalipun. Yang sering dia ceritakan cuma bagaimana dia bisa maksimalkan LBB sampingannya, atau adek-adek murid nya dia yang suatu saat bakal dia tinggal. Tiap hari, gak pernah absen buat buka jobstreet, HP yang gak pernah lepas (kecuali mandi mungkin ya, hehe.) berharap ada panggilan interview. Ini membuat saya berkaca, rasa nya gak adil kalo saya dan temen-temen yang lain suka mengeluh. Karena kadang yang kita keluhkan itu berkah bagi orang lain.

Iya, kayaknya statement-statement saya diatas lebih menjurus ke satu kata, "bersyukur". Kadang emang kita lupa dengan apa yang kita miliki sekarang karena terlalu sibuk ngejar apa yang kita mau. Sampai suatu ketika kita dapet apa yang kita mau, lalu? kita akan ngerasa bangga, dan rasa bangga itu akan menggoda kita menuju kesombongan, keangkuhan, merasa diri sendiri lebih baik dari orang lain. Semoga kita semua dijauhkan dari sifat seperti itu.

Karena pada dasarnya kenikmatan adalah ujian dari Allah agar kita bisa lebih bersyukur, dan kesengsaraan adalah ujian agar kita lebih bersabar.

by the way, happy rainy day!! :D

No comments:

Post a Comment